PEDULI LINGKUNGAN,SOSIAL, SUMBER DAYA ALAM DAN PEMBANGUNAN

Selasa, Maret 06, 2012

Pemeliharaan Tanaman Mangrove

BIOTA FOUNDATION, Keberhasilan penanaman mangrove membutuhkan pemeliharaan yang tepat. Aktivitias ini  terutama di perlukan pada awal tahun penanaman. Praktek pemeliharaan yang dilakukan adalah penyiangan, penyulaman, penjarangan dan pengontorlan terhadap faktor perusak. 
KONSERVASI MANGROVE DI BELAKANG SABUK PANTAI





 1.  PENYIANGAN (WEDING)
Penyiangan dilakukan 2 kali dalam setahun, penyiangan tidak perlu dilakukan setelah tanaman mangrove mencapai tinggi 2 meter pada tingkat ini, tanaman mangrove tinggi dan cukup kuat untuk berkompetisi dalam pemanfaatan ruang dan cahaya matahari. Diareal penanaman mangrove yang agak tinggi, sehingga kurang intensif terkena air pasang biasanya cocok sebagai tempat tumbuh paku Acrostichum, oleh  karena itu apabila muncul jenis pakuan tersebut maka segera mungkin dibabat.
 2. PENYULAMAN
Penyulaman adalah penanaman semai mangrove untuk menggantikan tanaman yang mati, cara penyulamannya sama dengan penanamannya. penyulaman dilaksanakan sampai umur tiga bulan.

 3. PENJARANGAN
Penjarangan merupakan kegiatan penebangan sebagian pohon yang masih muda dengan maksud memberikan ruang tumbuh yang ideal bagi pohon lainnya, sehingga akan memperoleh tegakkan mangrove dengan kualitas yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar