SK MENKUMHAN NO. AHU : 0012865.AH.01.07 TAHUN , TANGGAL 31 AGUSTUS 2017

Jumat, Maret 09, 2012

Kerusakan Mangrove di Kecamatan Tugu Kota Semarang

BIOTA FOUNDATION, pada Selasa tanggal 6 Maret 2012 Mulai jam 08.00 s/d 12.00 WIB, telah melakukan kegiatan pengechekan ke lapangan di pesisir pantai  Mangkang Kulon, Mangunharjo, Mangkang Wetan dan Randu Garut Kecamatan Tugu Kota Semarang telah ditemukan beberapa spesies mangrove yang mati alias meninggal dunia di tengah laut dan pematang tambak.  
 
Kerusakan mangrove tersebut kemungkingan disebabkan oleh pengendapan yang berkelebihan sehingga akan merusak keberlangsungan kehidupan mangrove karena terjadinya penghambatan pertukaran air, hara dan udara dalam substrat dan air diatasnya. Bila proses pertukaran ini tidak berlangsung maka kematian mangrove akan terjadi dalam waktu singkat atau kemungkinan disebabkan pola arus pasang surut dan abrasi pantai. Tekanan pada mangrove yang terlihat pada penurunan produktivitas dan kemampuan

Untuk memastikan kematian mangrove BIOTA FOUNDATION telah menghubungi berbagai pakar  mangrove dari berbagai akademis untuk diadakan penelitian. apakah mangrove tersebut benar-benar mati karna penambangan mineral atau karna terjadinya air pasang surut dan abrasi pantai.

0 komentar:

Posting Komentar