PEDULI LINGKUNGAN,SOSIAL, SUMBER DAYA ALAM DAN PEMBANGUNAN

Rabu, Maret 07, 2012

Pengadaan Benih Untuk Persemaian Mangrove



A. PENGUMPULAN BENIH

Benih yang dibutuhkan dari masing-masing benih benar-benar matang dan berkualitas bagus, musim pengumpulan benih yang berdasarkan fenologi masing-masing spesies merupakan masa puncak produksi cara pengumpulan benih dengan mengambil biji/buah atau mengumpulkan dari jatuhan. Apabila mengambil dari pohon induknya jangan sampai merusak bunga dan biji yang masih muda.
B. SELEKSI DAN PENANGANAN BENIH
Seleksi benih dilakukan sesuai dengan karakteristik masing-masing jenis, secara umum seleksi yang dilakukan adalah buah dan biji matang, segar, utuh, warna cerah dan bebas dari hama.
Penanganan benih masing2  jenis juga berlainan. Penanganan benih yang paling rawan pada saat pengangkutan untuk jenis Rhizophora SP yang mempunyai bentuk biji pangjang (Propagul) pengangkutan dapat dilakukan dengan diikat 50-100 biji dalam satu ikatan, jangan sampai tudung tunas patah karena bila patah biji tidak dapat tumbuh. Sedang jenis yang lain cara penyusunan biji ke dalam satu tempat  juga harus hati-hati , dalam perjalanan jauh perlu diberi naungan dan dilakukan pembasahan air laut.
C. PENYIMPANAN BENIH 
Penyimpanan Benih tidak dapat dilakukan untuk jangka waktu yang lama di rekomendasikan penyimpanan benih  tidak lebih dari  10 hari, benih disimpan dalam tempat yang teduh dengan memberi naungan, disimpan dalam ember berisi air payau. Pada prinsipnya jangan sampai akar tumbuh sehingga  akan mempersulit waktu penanaman,
PERSEMAIAN MANGROVE DARI PROPAGUL

0 komentar:

Posting Komentar