SK MENKUMHAN NOMOR AHU : 0012865.AH.01.07 TAHUN , TANGGAL 31 AGUSTUS 2017

Minggu, Juni 07, 2015

KERUSAKAN PANTAI AKIBAT ABRASI DI KABUPATEN KENDAL CUKUP PARAH


BIOTA FOUNDATION Sedikitnya 1.150 Ha lahan yang berada di kawasan pesisir pantai di Kabupatem Kendal mengalami abrasi, kondisi terparah berada di empat titik sepanjang Kecamatan Kaliwungu s/d Weleri. empat titik terparah diantaranya berada di Desa Korwelang Anyar Kecamatan Cepiring mencapai 175 hektare,  kerusakan, Kawasan Pantai Sendang Se Kucing 150 Hektare, Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu 250 Hektare, serta kecamatan Patebon kerusakan terjadi  Kartika Jaya, Wonosari.Pidodo Kulon mencapai 380 Hektare (data dari berbagai sumber yang kami peroleh.

Untuk menanggulangi bertambahnya abrasi, harus di bangun sabuk pantai karena sabuk pantai sangat efektif untuk mengurangi kekuatan ombak yang yang menerjang, selain penanaman mangrove yang terus menerus dilakukan oleh para pegiat mangrove di daerah masing-masing, dan bangunan sabuk pantai sangat perlu untuk membendung abrasi. sejauh ini sudah mulai dibangun sabuk pantai di beberapa daerah di pantai utara kabupaten kendal.
Dari kerusakan yang paling utama terkena dampaknya adalah para 

petani tambak yang biasa disekitar pantai, yakni banyak lahan tambak warga sudah tidak bisa dimanfaatkan sebagai lahan pembenihan bibit tambak, berupa ikan bandeng, udang, kepiting dan sebagainya. Kerusakan lahan tambak juga terjadi pada lahan petani lain di pesisir pantai Kabupaten Kendal, tak jarang para petani tambak  memilih beralih mata pencaharian menjadi buruh pabrik. 

0 komentar:

Posting Komentar