SK MENKUMHAN NOMOR AHU : 0012865.AH.01.07 TAHUN , TANGGAL 31 AGUSTUS 2017

Jumat, Desember 30, 2016

PENANAMAN 3.000 BIBIT MANGROVE BERSAMA RELAWAN MANCA NEGARA DI PESISIR KOTA SEMARANG

BIOTA FOUNDATION : Kegiatan Penanaman 3.000 Pohon Mangrove ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan mangrove di pesisir Kota Semarang yang kini tidak luput dari permasalahan lingkungan. Akibat pengelolaan yang buruk, ekosistem hutan mangrove di pesisir pantai terancam punah sehingga akan mempercepat proses abrasi pantai dan dalam beberapa tahun kedepan. Hutan mangrove mempunyai definisi sebagai hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut tepatnya di daerah pantai dan sekitar muara sungai, sehingga tumbuhan yang hidup di hutan mangrove bersifat unik karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidup di darat dan di laut.



Tujuan dari penanaman 3.000 pohon mangrove ini guna untuk meningkatkan kualitas Ruang Terbuka Hijau khususnya kawasan mangrove yang belum terehabilitasi di pesisir Kota Semarang Bagian Barat. Selain itu, hutan mangrove juga merupakan habitat alami berbagai biota laut. Seperti udang, berbagai jenis ikan dan sejenisnya. Karenanya, sangat keliru jika ada yang dengan sengaja menebang hutan mangrove untuk tujuan memperluas tambak mereka. Karena, tindakan tersebut dapat merusak kelestarian biota-biota laut.




Kegiatan Penanaman 3.000 Pohon Mangrove di Pesisir Kota Semarang ini diharapkan mampu memberikan manfaat secara langsung yaitu menghijaukan pesisir pantai dan memberikan dampak positif bagi kelangsungan fungsi ekosistem biotik maupun abiotik yang menjadi prioritas utama bagi terselengaranya kegiatan ini.

0 komentar:

Posting Komentar