PEDULI LINGKUNGAN,SOSIAL, SUMBER DAYA ALAM DAN PEMBANGUNAN

Senin, April 23, 2012

Lima Ribu Mangrove Ditanam

SUARA MERDEKA 
SENIN,23 APRIL 2012 HAL 24 (TILIK KAMPUNG)

SEMARANG - Sebagai bentuk tanggung jawab untuk melestarikan lingkungan dan mendukung program Planet 21 Day 2012, Accor Indonesia mengumumkan program penanaman 10.000 pohon di seluruh Indonesia. Sebagai bagian dari program tersebut, seratus karyawan grup Accor area regional Jawa Tengah dan DIY menanam lima ribu bakau di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, baru-baru ini.

Para GM hotel yang bernaung di grup tersebut seperti Tatang Abdurachman (Ibis Semarang), Severine Krawec (Novotel Semarang), Thomas Colbert (Novotel Solo), HM Wibowo (Ibis Solo), Jessica Uekerman (Novotel Jogja), Novi Soesanto (Ibis Malioboro), Pascal Bellon (The Phoenix Jogja), dan Roni Martadinata (All Season Jogja) juga terlibat dalam penanaman.

Director of Human Resources Accor Malaysia-Indonesia-Singapura, Ade Noerwenda, dalam siaran pers menyatakan "Sejak 2007 para karyawan Accor selalu merayakan Hari Bumi 22 April dengan melaksanakan program sosial kemasyarakatan di bidang lingkungan. Mulai tahun ini, dengan diluncurkannya inisiatif Planet 21, pelaksanaan sosial kemasyarakatan di bidang lingkungan tersebut akan dilakukan setiap tanggal 21 April dan Earth Guest Day berubah nama menjadi Planet 21 Day. Namun tujuan utamanya sama, untuk menggalang kontribusi aktif karyawan guna melaksanakan komitmen di bidang lingkungan dengan dukungan dari pelanggan dan mitra Accor."

Acara lalu dimulai sekitar pukul 10.00. Setelah menempuh perjalanan sekitar setengah jam dari Hotel Ibis, rombongan bersama beberapa awak pers tiba di Mangunharjo. Tak lama kemudian, seluruh karyawan yang datang, termasuk dari Solo dan Jogja, turun ke tambak untuk menanam mangrove. Mereka dibantu penduduk sekitar yang menjaga kawasan itu dari kerusakan.

Salah satuy warga, Sururi mengungkapkan, dulu abrasi di lingkungan sangat parah, bahkan mengancam permukiman. Namun berkat hutan bakau, ancaman akhirnya hilang. Jika sebelum ada mangrove, jarak garis pantai dengan rumah warga kurang dari satu kilometer. Saat ini,  jarak tersebut menjauh hingga mencapai dua kilometer. (Adhitia A-61)

0 komentar:

Posting Komentar