SK MENKUMHAN NO. AHU : 0012865.AH.01.07 TAHUN , TANGGAL 31 AGUSTUS 2017

Minggu, Juli 22, 2012

Biota Foundation Melakukan Survey Lapangan Rencana Penanaman Mangrove Di Areal Unit UBP PT. Indonesia Power, Tambak Lorok, Semarang

 KEGIATAN SURVEY LAPANGAN
RENCANA PENANAMAN MANGROVE
DI AREAL UBP PT. INDONESIA POWER 
TAMBAK LOROK SEMARANG
PRESENTASI DI HADAPAN PIMPINAN PT. INDONESIA POWER
Permasalahan
  1. Komitmen lingkungan UBP PT. Indonesia Power Semarang adalah menghijaukan di area UBP PT. Indonesia Power Semarang seluas lebih kurang 33,8 Ha, tetapi belum semua lahan berhasil ditanami, antara lain banyak tanaman yang mengering dan akhirnya mati.
  2. Diindikasikan lahan yang belum berhasil ditanami dengan tanaman penghijauan tersebut, karena jenis  tanaman penghijauan tersebut misalnya ketapang, sawo kecik, bambu dan glodogan pecut tidak cocok dengan kondisi lahan, akibat intrusi air laut dan genangan rob sehingga air di sekitar lahan menjadi payau.
TEAM BIOTA FOU NDATION BERFOTO DI UNIT PEMBANGKITAN


Tujuan
Sesuai dengan skala prioritas kegiatan penanaman mangrove, kerjasama antara Biota Foundation dengan PT.Indonesia Power  adalah :
1)   Kegiatan Penanaman
Kegiatan penanaman mangrove yang telah terpilih dan sesuai dengan lahan di area UBP PT. Indonesia Power Semarang yaitu jenis tanaman yang tahan terhadap kondisi air payau dan tergenang, misalnya : Avecenia Sp. (Api-api); Bakau Rhizhopora Mucronata; Cemara Udang; dan Pohon Nyamplung.
LOKASI RENCANA PENANAMAN CEMARA UDANG 
2)   Kegiatan Perawatan
Kegiatan perawatan meliputi penggantian tanaman yang mati/rusak, mengamati tanaman yang terserang hama penyakit dan mengganti dan atau membasmi hama tanaman tersebut dengan anti hama yang tidak mengandung bahan berbahaya dan beracun (bahan anti hama organik).
3)   Kegiatan Pemberdayaan terhadap Masyarakat
Kegiatan pemberdayaan meliputi sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat buah mangrove sebagai salah satu sumber makanan alternatif yang telah mendapat sertifikasi dari Dinas Kesehatan Kota Semarang sebagai kategori Rumah Tangga, sehingga masyarakat dapat meningkatkan ekonominya
PERCOBAAN PENANAMAN MANGROVE DI AREAL UPB





Sasaran
Sasaran dari kegiatan ini adalah menghijaukan lahan terbuka pada area UBP PT. Indonesia Power Semarang, sedemikian sehingga tanaman penghijauan ini diharapkan dapat menyerap gas rumah kaca seperti SOx dan COx  yang ditimbulkan dari kegiatan industri dan transportasi dan kebisingan di sekitar lahan area UBP PT. Indonesia Power Semarang

TEAM BIOT A FOUNDATION  : ABDUL AZIZ. SURURI. EDY SUHARTONO & BUDDIN AL HAKIM

 TEAM BIOT.

0 komentar:

Posting Komentar